Maaf

Pertengkaran kami saat menjelang sore itu tidak juga teredamkan oleh gemuruh petir di luar. Kami saling adu mulut. Tidak ada yang mau mengalah. Saling menyalahkan dan berteriak.

Dengan sekuat tenaga dan hati, aku menahan air mata. Sampai pada akhirnya air mataku tumpah juga. Kalau aku sudah menangis, dia perlahan akan mundur. Melihatku menangis, dia diam seribu kata dengan seketika lalu keluar. Sementara aku masih menangis di pinggir tempat tidur.

Di luar hujan masih belum reda. Setelah puas menangis dan merasa lebih tenang setelah shalat Ashar, aku keluar menuju bangku panjang di balkon lantai 2 rumah. Dia ada di sana, duduk diam memandangi hujan.

Bangku panjang di balkon itu memang tempat favorit kami. Di sana kami suka menikmati senja bersama. Juga menikmati obrolan pagi atau malam hari tentang berbagai hal, tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan. Tempat itu juga menjadi favorit ketika kami belajar dan meningkatkan hafalan. Atau kami hanya sekadar duduk bersama tanpa pembicaraan. Aku dengan laptopku untuk menulis atau buku bacaan favoritku dan dia dengan gadget-nya asyik bermain games atau mengutak-atik bongkar pasang sesuatu.

Kuhampiri dirinya dan duduk bersampingan. Tidak ada kata-kata yang keluar di antara kami berdua. Aku tidak tahu berapa lama kami saling berdiam. Kami sama-sama menikmati hujan dengan entah apa yang ada di pikiran. Ya, kami pecinta hujan dan kami pun dipertemukan pertama kali saat hujan.

“Maaf…” secara bersamaan kami memecah keheningan.

Dahulu di awal pertemuan kami, kami sudah menyepakati beberapa poin kehidupan yang sangat alot untuk disepakati sebelum akhirnya ketok palu menandakan kedua belah pihak setuju. Salah satunya adalah poin mengucapkan kata “maaf” yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Tidak peduli siapa yang salah.

Katanya tidak peduli seberapa besar marah atau kesalahpahaman yang terjadi, selama kata “maaf” terucap, semua ada jalan untuk mendinginkan perseteruan panas yang telah terjadi.

#serialakudankamu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s