17 AGUSTUS-AN YUK DI PULAU TERINDAH DI DUNIA: SUMBA

Apa yang ada di benakmu ketika disebutkan pulau terindah di dunia? Ada di luar negeri dan jauh dari Indonesia? Ternyata, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri loh. Indonesia punya satu pulau yang oleh majalah Focus terbitan Jerman dipilih sebagai pulau terindah di dunia, yaitu Pulau Sumba.

Nah, tahun ini perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus bersamaan dengan liburan panjang akhir pekan, kamu bisa menjadikan kesempatan ini untuk merayakan HUT RI sekaligus menikmati keindahan Pulau Sumba.

Pulau Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur memiliki banyak pesona pariwisata alam berupa padang sabana, air terjun indah, pantai cantik nan eksotis, serta pariwisata budaya. Kita akan mendapatkan pengalaman luar biasa di tempat indah berikut ini ketika menjelajahi pulau tempat syuting film Pendekar Tongkat Emas.

1.      Bukit Wairinding

Bukit Wairinding yang terletak di bagian timur Sumba merupakan hamparan bukit-bukit savana. Pada musim hujan bukit ini berwarna hijau menyegarkan, sedangkan pada musim kemarau berwarna kuning keemasan. Memandang hamparan padang hijau akan memanjakan matamu ditambah dengan tiupan angin sejuk yang membuatmu sangat nyaman berada di surga Pulau Sumba.

1https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menelusuri-kepingan-surga-yang-terhampar-di-perbukitan-wairinding

2https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menelusuri-kepingan-surga-yang-terhampar-di-perbukitan-wairinding

2.      Pantai Bawana

Pantai Bawana terletak di Kecamatan Kodi Balagahar, Sumba Barat. Keeksotisan pantai dan laut kamu bisa dinikmati tidak hanya dari pantai, tetapi juga dari atas tebing. Di pantai ini terdapat karang bolong, yaitu batu karang setinggi lima meter dan terdapat lubang besar di tengahnya yang menjadi ciri khas pantai ini. Selain itu, Pantai Bawana merupakan alternatif menarik untuk melakukan kegiatan surfing.

3https://www.harianpost.co.id/24605/uniknya-karang-bolong-di-pantai-bawana/

4https://www.instagram.com/indonesia_best_vacation/

3.      Pantai Mangrove Walakiri

Suasana pantai yang sunyi, angin semilir, ditambah dengan pasir halus cocok sekali untuk kamu bersantai. Pantai yang terdapat pohon-pohon mangrove di pinggir pantainya semakin eksotis dan menawan saat matahari terbenam. Kamu akan sangat terpesona oleh senja di pantai ini dan seolah tersihir oleh pesona kecantikannya.

5instagram @nsitaanggraeni

6https://www.pegipegi.com/travel/menikmati-sunset-unik-di-pantai-walakiri-sumba-ntt/

4.      Danau Wekuri

Berenang di danau ini seperti berenang di kolam renang pribadi buatan alam. Airnya sangat jernih berwarna hijau kebiruan dikelilingi tembok bebatuan alami yang ciamik dan ditumbuhi tanaman hijau. Dengan kedalaman air yang tidak terlalu dalam, kamu akan dapat melihat dasar danau dan kilauan permata berlian saat air danau terkena sinar matahari.

7https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/terpesona-jernihnya-danau-weekuri-laguna-tersembunyi-di-sumba

8https://beritagar.id/artikel/piknik/pesona-unik-danau-weekuri-di-pulau-sumba

5.      Air Terjun Tangedu

Air terjun dengan air jernih kebiruan dan susunan serta bentuk unik bebatuan alami di sepanjang alirannya menjadi daya tarik air terjun yang terletak di Desa Tangedu, Sumba Timur. Kamu bisa melepas penat setelah berpetualang menuju tempat ini dengan memanjakan diri bermain air dan merendam kaki di segarnya air terjun.

9https://backpackerjakarta.com/air-terjun-tanggedu-secuil-surga-di-ujung-timur-sumba/

6.      Kampung Adat Tarung

Di sini kamu bisa berbaur dengan masyarakat di Kampung Tarung yang meskipun berada di tengah kota, masih menjaga adat dengan baik. Rumah adat Sumba beratap tinggi dan terbuat dari jerami serta peninggalan megalitikum akan ditemukan di kampung adat yang terletak di tengah kota Waikabubak, Sumba Barat ini. Selain itu, kamu bisa melihat langsung proses penenunan kain dan belajar menenun kain yang terkenal dari Pulau Sumba, yaitu kain tenun ikat sumba.

 

10http://www.acehkita.com/wp-content/uploads/2015/06/Merapu_Sumba.jpg

7.      Festival Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat

Selain kaya dengan panorama alam dan budaya, Sumba juga memiliki festival besar yang diselenggarakan setiap tahun, yaitu Festival Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat. Kuda sandelwood adalah kuda khas Sumba yang diternakkan. Selain bisa melihat kuda khas Sumba ini dalam jumlah banyak, kamu juga bisa melihat atraksi pasola, yaitu dua orang penunggang kuda saling beradu tombak panjang. Sementara itu, pada Festival Tenun Ikat Sumba, kita akan disajikan banyak kain Sumba berikut dengan cara pembuatannya.

11http://www.visitingsumba.com

12http://www.topindonesiaholidays.com/blog/?p=4669

Sangat lengkap kan pariwisata Pulau Sumba. Jadi, yuk siapkan koper ranselmu untuk liburan sekaligus merayakan HUT RI Agustus mendatang bersama Amabel Travel yang akan merealisasikan rencanamu jalan-jalan ke Pulau Sumba. Caranya mudah hanya dengan mengklik http://amabeltravel.com/

Ayo keliling Indonesia dan kenali keindahan yang Tuhan titipkan di setiap jengkal tanah di negeri Indonesia tercinta. Dijamin menambah cinta Tanah Air.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s