Museum Gunung Merapi

 

IMG_3781

Museum Gunung Merapi (MGM) adalah salah satu museum di Jogja dengan arsitektur unik. Museum yang terletak di Jalan Boyong, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman ini diresmikan pada tahun 2009. Dengan slogan, Merapi Jendela Bumi, museum ini menawarkan wisata edukatif tentang kegunungapian pada umumnya dan khususnya Gunung Merapi.

Dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar, museum ini tampak cantik dengan taman di sekelilingnya, dilengkapi dengan tempat bermain dan tempat parkir yang luas. Ditambah lagi panorama Merapi dan udara sejuk yang menambah pesona Museum Merapi. Harga tiket masuk museum yang buka di hari Selasa-Minggu pukul 08.30 s.d. 15.30 pun cukup murah. Dengan membayar Rp5.000 kita sudah bisa masuk museum. Jika ingin masuk ke Teater Merapi yang ada di dalam museum kita hanya perlu menambah Rp3.000.

Di Museum Gunung Merapi ini kita dapat memperoleh banyak informasi tentang Gunung Merapi dan kearifan lokal sosial masyarakat di sekitar Merapi. Selain itu, ada juga informasi tentang mitos-mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi. Di museum ini kita juga dapat melihat barang-barang yang rusak dan hancur akibat terkena letusan gunung. Alat-alat kegunungapian juga ditampilkan di museum ini. Informasi-informasi tersebut sangat menarik karena ditampilkan dengan gambar-gambar dan barang-barang yang dapat dilihat langsung.

Kita dapat menonton film tentang Gunung Merapi di Teater Merapi yang terdapat di lantai dua museum. Film berdurasi sekitar 25 menit itu menayangkan segala hal tentang Merapi. Mulai dari sejarahnya, sosial masyarakat, hingga erupsi tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s