Kajian Jumat 16012015

Tema yang diangkat masih berhubungan dengan Rasulullah, tapi aku tidak tahu pembahasan kajian Jumat di Masjid Gunadarma Kampus Margonda tentang apa. Aku datang dan pembahasannya sudah selesai, sudah masuk sesi tanya jawab. Padahal aku datang sekitar hampir pukul 17. Apa saja yang dibahas di sesi tanya jawab? Lets check it out.

Tanya

Bagaimana pandangan Rasulullah terhadap orang-orang yang menuntut ilmu contohnya sepeti kita yang masih mahasiswa?

Jawab

Pandangan Rasulullah terhadap ilmu pengetahuan sangat besar. Rasulullah menyuruh Zaid bin Tsabit untuk mempelajari banyak bahasa agar dapat menulis surat dalam rangka berdakwah, mempelajari kitab-kitab mereka untuk diambil ilmu pengetahuannya. Sebelum orang Eropa mengenal teknologi, umat Rasulullah telah terlebih dahulu maju dalam ilmu pengetahuan. Islam telah membuka keran ilmu. Sebelum mengenal Islam, di Eropa terjadi Abad Kegelapan, yang ilmu pengetahuan mati dan tidak berkembang. Kemudian setelah mengenal Islam, melalui interaksi dan saat terjadi Perang Salib, orang Eropa tercerahkan dengan ilmu pengetahuan yang telah dituliskan orang-orang Muslim.

Di Yunani Kuno, terdapat banyak filsuf ternama yang sampai sekarang masih terkenal, seperti Plato dan Aristoteles. Namun, dalam budaya mereka masih ada perbudakan, budaya gladiator, padahal waktu itu nilai-nilai yang dibawa dan diperkenalkan pafa filsuf Yunani itu ada, tetapi tidak ada aplikasi nyatanya. Berbeda dengan nilai Islam, yang ada nilai juga ada aplikasinya.

Selama 700 ratus tahun Islam memajukan peradaban. Dalam Islam tidak dibedakan ilmu dunia dan ilmu agama karena semua berasal dari Allah. Ilmu adalah sarana untuk melakukan sesuatu. Mempelajari ilmu umum sama pentingnya dengan mempelajari ilmu agama. Ada ilmu yang bersifat fardhu kifayah, yang jika tidak ada yang mempelajarinya, semua orang berdosa.

Imam Ghazali, al-Khawarizmi, Ibnu Khaldun adalah contoh sosok ulama, yang bukan hanya ulama semata. Mereka adalah ulama yang sekaligus ilmuwan dengan berbagai keahlian dalam beberapa bidang ilmu.

Tanya

Sekarang banyak beredar berita tentang penyerangan Charlie Hebro. Bagaimanakah Rasulullah memandang kemoderatan Muslim?

Yang pertama kita harus pahami adalah arti dari moderat. Apakah moderat itu? Moderat adalah pemahaman terhadap ajaran Islam secara komprehensif, secara menyeluruh, kaffah sehingga dapat bersikap moderat. Mempelajari Islam tidak boleh setengah-setengah dan parsial, hanya pada satu bagian, tanpa melihat bagian yang lain. Selain itu, belajarlah pada ahlinya, belajar pada ulama shahih sehingga ilmu yang dipelajari dan diterima adalah yang shahih, yang benar.

Apakah semua orang kafir itu boleh dibunuh? Tidak. Ada kafir mu’ahad, dzimmi, musta’man yang darah dan hartanya haram ditumpahkan. Jika ada orang kafir, belum tentu ia pantas untuk diperangi. Dan ini harus kita pahami dan bagaimana caranya agar kita bisa paham? Ya, pelajari Islam secara menyeluruh dan benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s