Kajian Jumat 09012015

Ini adalah kajian pertama yang aku ikuti di tahun 2015. Kajian keislaman setiap Jumat di Masjid Gunadarma Kampus Margonda. Tidak heran lagi sekarang jika aku selalu roaming di awal-awal setiap kali datang. Karena selalu tidak mengikuti kajian dari awal. Aku datang sudah setengah jalan kajian berlangsung. Meski begitu, aku tetap bisa mengikuti penjelasan sang ustad mulai dari aku datang hingga selesai.

Kajian Jumat tertanggal 9 Januari 2015 membahas tentang akhlak Rasulullah. Selama bulan Januari kajian bertemakan Rasulullah, mengingat pada 3 Januari bertepatan dengan 12 Rabiul Awal yang merupakan tanggal kelahiran Nabi Muhammad saw.. Ketika itu sang ustad sedang membahas penyakit hati saat aku datang. Check it out.

Penyakit hati itu ada beberapa macam.

1. Sombong.

Sikap bagaimanakah yang dikatakan sombong? Hanya menerima nasihat dari orang yang sekelompok. Tidak mau mendengar nasihat orang lain yang bukan kelompoknya, padahal ia tahu nasihat itu benar dikatakan sombong. Sombong juga berarti mau menerima nasihat, tetapi merendahkan orang yang memberi nasihat. Dan sombong yang paling parah adalah tidak mau mendengarkan nasihat sama sekali.

2. Dengki

Iri atas nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain. Hasad ingin agar nikmat yang diterima orang lain hilang. Jika kita hasad, sama saja kita sedang berusaha mengatur-atur Allah dan berusaha mengambil hak Allah. Padahal siapa kita sampai berani mengatur-atur Allah. Kenapa dikatakan sama dengan kita berusaha mengatur Allah? Karena ketika kita hasad, kita akan berpikir, Ya Allah mengapa nikmat itu diberikan kepada dia. Dia tidak pantas menerima nikmat itu. Nikmat itu pantasnya diterima oleh aku.

3. Riya

Melakukan amal atau tidak melakukan amal karena manusia. Beramal karena manusia. Meninggalkan kebaikan juga karena manusia.

Bagaimana cara mengobati dan menghilangkan kesombongan?

Kesombongan dapat diobati dengan tawadhu atau rendah hati. Kita mendoakan orang lain. Terkait pujian dan ejekan, apakah pujian dan ejekan orang lain akan mengubah kita? Tidak.

Dan akhlak Rasulullah adalah sebaik-baik akhlak.

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia.” (HR Ahmad)

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR Tirmidzi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s