Memaafkan

Suatu hari, pada zaman Rasulullah, pernah terjadi perselisihan antara Bilal bin Rabbah dengan Abu Dzar. Abu Dzar mengejek Bilal bin Rabbah dengan mengatakan perkataan yang mengejek. Abu Dzar mengatakan “Wahai anak wanita hitam”. Bilal tidak terima perkataan Abu Dzar. Kemudian, ia mendatangi Rasulullah dan mengadukan perbuatan Abu Dzar. Setelah mendengar cerita Bilal, Rasulullah memanggil Abu Dzar untuk mengklarifikasi hal yang diceritakan Bilal kepadanya. Abu Dzar mengakui perbuatannya dan merasa berbuat zalim kepada saudaranya.

Setelah menemui Rasulullah, Abu Dzar langsung mencari Bilal. Saat bertemu Bilal, Abu Dzar meletakkan pipinya di atas padang pasir. Ketika itu matahari sedang bersinar dengan teriknya. Abu Dzar berkata, “Wahai sahabatku, aku rela engkau menginjak pipiku ini demi memperoleh maaf darimu atas perbuatan zalim yang telah aku perbuat.” Akan tetapi, Bilai tidak melakukan hal yang diminta Abu Dzar. Bilal memegang tangan Abu Dzar sambil mengatakan, “Aku telah memaafkanmu wahai sahabatku.”

Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan berinteraksi dengan banyak orang dengan latar balakang dan karakter yang berbeda. Dalam interaksi tersebut, sangat memungkinkan terjadinya gesekan, kesalahpahaman, dan perselisihan antarsesama. Kesalahan adalah suatu hal yang wajar dapat dilakukan manusia ketika saling berinteraksi karena pada saat itu kita berhubungan dengan orang yang berbeda latar balakang kehidupan, pola pikir, pandangan, dan lain-lain. Perbedaan tersebut memungkinkan terjadinya perselisihan. Namun, adalah suatu hal yang luar biasa ketika kita dapat mengakui kesalahan dan memaafkan kesalahan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s