Hypnobrithing

Resume kopdar#9 komunitas to be wonderful wife
Ahad, 21 September 2014
Oleh : dr. Astie Young, dipl. Cidesco, CHT, MNLP
Owner metamorphosis clinic, Hypnobirthing Surabaya
0317327165
sms – wa : 082233361424
pin bb : 7D17C581
@hypnobirthsby

💖 Melahirkan nyaman dan mudah dengan Hypnobirthing 💖

Kita mengenal ada 2 jenis kelahiran. Normal dan cesar. Secara umum melahirkan normal bisa dikatakan lebih baik karena beberapa hal, antara lain :

🍒 Penyembuhan lebih cepat.
3 jam setelah proses melahirkan sudah bisa beraktifitas seperti duduk dan jalan.
🍒 Bonding/ hubungan ibu dan bayi lebih erat
🍒 Lebih murah
🍒 fight/ daya juang bayi lebih baik. Karena saat proses kelahiran normal 75% adalah perjuangan bayi, dan sisanya adalah perjuangan ibu.

Kelahiran normal berarti lewat miss v. Umumnya kelahiran terjadi pada usia kehamilan 39-40 minggu. Bisa maju, bisa mundur. Usia 42 minggu masih bisa dilakukan kelahiran normal asal detak jantung bayi dalam kondisi baik, ketuban utuh dan tidak keruh serta kondisi ibu juga baik.

Pada kelahiran normal akan diawali oleh kontraksi. Kepala bayi akan mendorong ke bawah untuk membuka jalan lahir. Ini yang membuat banyak ibu merasakan sakit. Perasaan takut, tegang, panik dan sebagainya justru akan membuat semakin sakit.

Pada kondisi2 tertentu, ibu yang siap melahirkan normal dan sudah melewati masa kontraksi bisa disarankan beralih ke operasi cesar. Beberapa pertimbangannya a.l jalan lahir terbuka lama,detak jantung bayi jelek dan bayi stress, ketuban keruh atau kurang, ibu kelelahan saat mengejan, dsb.

Medis akan melihat kondisi ibu dan bayi dalam kandungan apakah perlu diambil tindakan cesar atau tidak.

Pada persalianan, kita mengenal ada kala 1 (bukaan 1 – 3) dan kala 2 (bukaan 4 – 10).
Bukaan 1 maksudnya jalan lahir terbuka 1 cm. Bukaan 2 berarti 2cm, dst. Semakin lama proses bukaan akan semakin pendek durasi jedanya dan semakin sering mengikuti ritme waktu yg teratur.

Pada saat bukaan/kontraksi, kepala bayi yang keras akan mendorong jaringan lunak dan menimbulkan rasa sakit. Tapi rasa sakit/ rasa nyeri itu persepsi dan tiap orang berbeda beda.

Pikiran ada 2.
Pikiran sadar – mengendalikan 12% aktifitas kita
Pikiran bawah sadar – mengendalikan 88% aktifitas kita.

Mengapa selama ini kita beranggapan bahwa melahirkan itu sakit? Karena memang terlalu sering kita dikondisikan/diwacanakan bahwa melahirkan itu sakit. Jika ada film dengan adegan ibu sedang berjuang melahirkan nampak bahwa kondisinya sangat sakit. Ibu atau mertua kita bilang kalau melahirkan itu sakit, dokter memberi wejangan kalau sakit jangan teriak, bahkan saat ada kerabat yang menjenguk setelah kelahiran bayi juga bertanya : gimana pas lairan? Sakit ya?
Dan seterusnya.

Bahkan saat kopdar kemarin ada salah satu member yang bercerita baru saja menyaksikan orang yang tengah melahirkan karena sedang PPL di rumah bidan, dan esoknya member tersebut langsung sakit hanya karena membayangkan dan menyaksikan sakitnya orang melahirkan.

Hal seperti ini yang akhirnya membangun persepsi bahwa melahirkan itu sakit. Informasi2 yang masuk membangun persepsi bahwa melahirkan itu sakit.

Oleh karena itu kita butuh hypnobirthing. Untuk me reprogramming semua info terkait proses kelahiran. Info lama bahwa melahirkan itu sakit akan kita delete. Kita program ulang bahwa kita bisa koq melahirkan dengan mudah, cepat, dan nyaman (tidak sakit).

Sebelum membahas hypnobirthing kita perlu sekilas mengetahui hypnosis secara umum. Pasti pernah melihat acara hypnosis di tv kan? Ada yang menghipnosis hingga dia menceritakan semua rahasianya, ada yang menghipnosis agar menjadi sosok yang lain, dan sebagainya.

Hypnosis yang seperti ini biasanya belum bisa untuk pengobatan atau terapi. Karena baru menyentuh gelombang alfa pada otak. Bukan gelombang tetha. Jika untuk terapi, misal menyembuhkan fobi ketinggian maka harus masuk gelombang tetha.

Hypnosis sendiri artinya proses memasukkan seseorang ke kondisi trans untuk memasukkan sugesti (positif).

Hpnosis sendiri bisa berhasil jika:
1. Orang yang disugesti sdh trust/percaya pada terapis
2. Lulus tes sugestibilitas

Kemarin saat kopdar, peserta melakukan uji sugestibilitas. Kita pun bisa mencobanya dirumah. Silahkan ambil kalung dengan bandul, atau jika tidak ada bisa menggunakan pulpen yang digantung dengan benang/tali. Pegang. Fokus pada benda tsb, lalu perintahkan ia bergerak maju mundur, kemudian kiri kanan. Dst

Q : Apa semua orang bisa di hypnosis?
A : Tidak. Hanya mereka yang trust pada terapis, kesampingkan logika dan tidak sibuk dengan pikiran sendiri yang menganalisis.
Bahkan acara2 hypnosis infotainment di tv juga diawali dengan uji sugestibilitas dulu. Mereka yang tidak lolos tes tentu tidak akan menjadi relawan yang ditampilkan di layar kaca.

Q : Apa hypnosis bisa bertahan lama dan selamanya?
A : Tidak ada jaminan. Jika saat ini ia sembuh dari suatu trauma dan suatu saat bertemu dengan stressor yang sangat tinggi bisa jadi yang bersangkutan akan kembali pada kondisi semula. Kuncinya pada kemampuan menenangkan diri

Q : saat tes tadi sepertinya saya kurang sukses, sugestibilitas saya rendah karena saya memang orang yang suka sekali menganalisa. Saya juga termasuk tipe melankolis. Apakah bisa sugestibilitas saya direndahkan? Saya punya kebiasaan buruk bangun tidur selalu cari hp, apa bisa di hypnosis juga untuk menghilangkan kebiasaan ini?
A : Lakukan relaksasi lebih sering. Semakin sering semakin baik untuk mengasah sugestibilitas kita. Duduk dengan tenang. Lepaskan pikiran termasuk keinginan menganalisa. Emang bisa? Gimana caranya? Logiskah? Dsb. Buang sementara hal2 seperti ini saat relaksasi.
(Saat kopdar ada sesi latihan relaksasi bersama. Tidak bisa di resume)

Type kepribadian melankolis tidak ada hubungannya dengan alam bawah sadar. Dia bisa berubah, tapi butuh waktu lama. Jika butuh berubah dalam waktu cepat, gunakan tekhnik masking.

Tentang kebiasaan mencari hp saat bangun tidur bisa gunakan tekhnik self talk saat menjelang tidur. Bisa dilakukan juga untuk hal2 lain yang akan kita sugestikan dalm pikiran bawah sadar kita.
Misal : besok aku harus lebih semangat, aku bahagia, aku lebih rajin, dsb
Gunakan kalimat2 positif. Bukan sebaliknya. Karena otak hanya mampu merespon kalimat positif.
Misal : aku tidak boleh malas, maka kalimat seperti ini akan ditangkap otak sebagai pesan : aku malas. Gunakan kalimat positif : aku rajin
Misal : aku tidak boleh menyerah, aku tidak boleh putus asa. Maka otak akan menangkap pesan sebagai aku menyerah, aku putus asa. Gunakan kalimat positif.

Q : Apakah hypnosis dan hypnobirthing bisa belajar otodidak dan dilakukan tanpa bantuan terapis?
A : Sangat bisa. Kita bisa gunakan tekhnik afirmasi dan visualisasi

Manfaat Hypnobirthing
1. Atasi mual / morning sick di awal2 masa kehamilan
2. Bantu mengendalikan mood
3. Bantu ibu tetap tenang selama masa kehamilan
4. Membantu bayi lepas dari lilitan tali pusar. Pemateri pernah membantu beberapa pasien yang bayinya terlilit tali pusar dalam kandungan.
5. Membantu bayi merubah posisi sungsang ke posisi seharusnya.
6. Membantu ibu untuk tenang selama masa persalinan
7. Atasi nyeri kontraksi
8. Membangun ikatan/bonding antara ibu dan bayi
9. Mempercepat proses persalinan
10. Saat persalinan, berjalan lancar, mudah dan nyaman (tidak sakit)
11. Hindarkan pendarahan dan baby blues pasca persalinan

Q : Ada teman sudah belajar hypnobirthing saat kehamilan, tapi saat melahirkan koq tetap sakit? Sepertinya semua informasinya lenyap begitu saja
A : ada beberapa kemungkinan.
Pertama, bisa jadi yang bersangkutan sekedar belajar dan praktek, tapi tidak yakin. Seperti doa, kadang kita sekedar doa seperti rutinitas tapi kurang khusyuk dan yakin.

Kemungkinan kedua karena informasi dari luar begitu hebat sehingga apa yang sudah dipelajari juga hilang. Misal pada saat yang bersamaan, yang bersangkutan sedang bersama ibu lain yang juga akan melahirkan. Caranya merespon rasa sakitnya jadi menular dan meruntuhkan mindset kita yang selama ini dibangun.

Saat kontraksi ibu disarankan tetap tersenyum. Saat tersenyum kita juga membayangkan otot vagina semakin terbuka lebar seperti bunga yang kian mekar.
Saat cemberut dan mengeluh, otot vagina akan semakin kaku dan sakit.

Q : Sejak usia kehamilam berapa sebaiknya belajar hypnobirthing? Bisa otodidak?
A : Sejak awal kehamilan sudah bisa diterapkan. Karena salah satu manfaatnya bisa mengurangi keluhan mual di awal2 kehamilan

Q : Belajar hypnobirthing di minggu2 akhir menjelang persalinan, apakah bisa?
A : Bisa. Sering latihan saja. Termasuk latihan pernafasan dsb. Yakin saja kita bisa melahirkan normal, lancar, nyaman dan mudah.

Q : Ketuban kurang, disarankan dokter cesar, apakah bisa melahirkan normal?
A : ikuti saran dokter. Biasanya karena pertimbangan2 medis. Misal ketuban keruh/kurang, panggul kecil, jalan lahir terbuka lambat, dsb
Saat cesar kita bisa tetap gunakan hypnobirthing. Bukan untuk mengatasi rasa sakit melahirkan, tapi lebih mengendalikan rasa takut menjelang operasi dan pasca melahirkan

Q : Ada yang bilang hypnosis bikin kerasukan jin?
A : pada beberapa pasien dengan trauma yang sangat berat ada reaksi2 yang tidak biasa saat kita lakukan terapi. Misal menangis teriak2, marah2 dsb. Itu yang dianggap orang kerasukan jin. Padahal bukan. Pemateri pernah menangani pasien yang memendam rasa marah kepada seseorang selama bertahun2. Saat diterapi memang kita visualisasikan orang tersebut tengah berhadapan dengan seseorang yang membuatnya marah, dan kita minta ia melepaskan marahnya agar lepas dan kosong. Baru kita program ulang. Reprogramming

Testimoni ketua to be wow mempraktekkan hypnobirthing:

Kelahiran anak pertama saya belum mengenal hypnobirthing. Saat mulai terjadi kontraksi, saya mulai panik, takut dan merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan saya selalu lihat jam, menanti saat kontraksi tiba dan itu artinya saya menanti datangnya rasa sakit.
Bukaan 1 sampai 4 sakitnya luar biasa. Lama juga. Dari bukaan 1 sampai bukaan sempurna saya butuh waktu sekitar 12 jam. Ada beberapa teman yang butuh waktu lebih lama, ada yang berhari2 bahkan sampai 1 minggu lebih.

Nah saat menjelang bukaan 5, tiba2 saya seolah tersadar dan bicara pada diri sendiri. “Hai bunda, please deh jangan terlalu lebay. Yang ngrasakan sakit ini lho bukan cuma kita aja. Tapi seluruh ibu di dunia juga merasakan. Dan pastilah Allah tidak akan kasih rasa sakit diluar kesanggupan kita. Pasti bisa. Nikmati sambil tetap tenang dan dzikir”.

Entah kenapa setelah self talk seperti itu akhirnya seperti ada kekuatan luar biasa. Rasa sakit yang mestinya secara teori lebih sakit seiring bertambahnya jumlah bukaan jalan lahir, justru tidak terjadi. Sebaliknya, semakin tenang dan rasa sakitnya tidak sehebat sebelum2nya. Alhamdulillah bertambah cepat, nyaman dan mudah saat melahirkan. 2 kali mengejan sudah lahir. Belakangan saya baru tahu kalau self talk tadi adalah bagian dari tekhnik hypnobirthing.

Saat kehamilan anak kedua saya mempersiapkan belajar tekhnik hypnobirthing lebih awal. Selain belajar tekhnik pernafasan, juga rutin relaksasi, self talk, juga mengajak ngobrol bayi dalam kandungan. Salah satunya seperti ini : adek, yang sehat ya. Yang shalihah. Nanti kita berjuang sama2 ya. Lahir cepat ya, nyaman (tidak sakit), mudah. Adek bantu bunda ya, dst. Oya kalau bisa adek lahir tanggal 10.11.12 ya. Angkanya cantik :p (prediksi lahir 21.11.12) tapi kalau gak juga gak papa. Yang penting adek lahir sehat, cepat, nyaman dan mudah”

Dan Alhamdulillah ternyata kelahiran anak ke 2 lebih tenang, lebih mudah, dan lebih cepat. Jam 12 siang berangkat ke bidan dalam kondisi bukaan 1, 2 jam 45 menit kemudian sudah bukaan sempurna, 2x mengejan dan alhamdulillah lahir dengan normal tepat di tanggal 10.11.12

Moga ke depan semakin banyak ibu2 yang merasakan manfaat hypnobirthing.

– end –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s