Bayi Mulai Mandiri

Assalamualaikum wr.wb.
All member to be wow di manapun Anda berada, yuk kita belajar lagi. Kali ini ttg.parenting yaitu “Tanda Bayi mulai Mandiri”

Beberapa tanda bayi mulai mandiri adalah ia semakin paham kegunaan tangan dan kakinya. Dia tahu cara mengendalikan gerakannya agar dia dapat bergeser dan meraih mainannya. Hal itu disebabkan karena otot-otot kaki, punggung dan leher sudah lebih kuat.

Minatnya pada hal-hal lain di luar dirinya, sejalan dengan minatnya pada dirinya sendiri. Rasa ingin tahunya mulai tumbuh. Meraih kaki dan memasukkannya ke dalam mulut, merupakan cara bayi untuk mengenali dirinya. Dengan tangannya, bayi belajar mengembangkan kemampuan untuk merencanakan dan menentukan sebuah tujuan dari menggenggam.

Kemampuan melihatnya yang sudah berfungsi dengan baik otomatis meningkatkan minatnya terhadap hal-hal yang ada disekitarnya. Si kecil mulai memiliki keinginan sendiri, ia mulai dapat mengekspresikan hal yang disukai dan tidak disukainya. Berikut ini adalah stimulasi-stimulasi yang dapat Anda lakukan, seiring dengan perkembangan kemandirian bayi Anda.
🌼Bila bayi Anda hanya bisa berguling satu arah saja, misalnya dari telentang kemudian tengkurap, atau dari tengkurap ke posisi telentang.Latih bayi untuk tengkurap, misalnya saat bayi mulai miring ke kanan, tekuk tungkai kaki kirinya ke depan, bantu dengan tangan Anda yang menekan dan mendorong punggung dan bokong bayi secara perlahan-lahan.
🌼Beri juga rangsangan lainnya dengan membunyikan mainannya atau memberikan cermin di depan posisi bayi saat memiringkan tubuhnya. Ini akan menarik perhatian bayi dan mendorongnya untuk mengarahkan badannya untuk menggapai mainan atau melihat dirinya di cermin. Dengan stimulasi ini, lambat laun bayi dapat telungkup. Lakukan berulang kali sampai bayi bisa melakukannya sendiri.
🌼Bayi Anda mulai senang bila diberdirikan di atas pangkuan Anda pada usia ini. Kegiatan baru ini membuat bayi merasakan posisi yang lain selain berbaring atau duduk. Biarkan bayi menaik-turunkan tubuhnya dan berseru kegirangan. Rangsangan ini meningkatkan keseimbangan, kemampuan gerak serta kelenturan otot tubuh bayi Anda.
🌼Sebaiknya bayi didudukkan dengan cara diberi sandaran berupa bantal atau sandarkan ke tubuh anda untuk membuatnya cepat kuat duduk dan menghindari punggung yang bengkok.
🌼Untuk merangsang bayi semakin sering tertawa atau membuat suara dengan mulutnya, cobalah membuat tanggapan yang menarik perhatiannya saat bayi menunjukkan tanda-tanda akan tertawa. Buatlah gerakan dan mimik muka yang konyol agar merangsang bayi untuk tertawa.
🌼Anda bisa mulai mengenalkan gelas minum bermoncong. Pilih gelas bermoncong yang mempunyai dua pegangan dan terbuat dari bahan yang tidak tajam dan tidak mudah pecah karena bayi anda akan sering membanting atau membenturkannya ke lantai. Saat mengajari minum dengan gelas bermoncong, maka akan banyak air yang tumpah, maka sebaiknya beri lembaran kain yang menyerap air dibawah dagu bayi saat dia minum.
KONSULTASI: MARIA HERLINA LIMYATI, M.Si, Psi, Metamorphe Psychological Services

Sekian,semoga menambah ilmu kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s