Sains dalam Al-Qur’an

Resume buku
Judul : Buku Pintar Sains dalam Al-Qur’an
Judul Asli : Mausuu’ah al-I’jaz Al-Qur’ani
Penulis : Dr. Nadiah Thayyarah
Penerbit : Zaman
Tebal : 895
Tahun terbit : 2014

Buku ini menjabarkan ayat-ayat sains dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan manusia dan alam semesta. Terdapat dua bagian besar, yaitu bagian penjelasan tentang manusia yang terdiri dari tiga bab dab bagian penjelasan tentang alam semesta yg terdiri dari sepuluh bab.

Al-Qur’an adalah mukjizat terbesar Rasulullah. Keindahan aspek bahasa dan sastra sangat terlihat dalam Al-Qur’an melihat saat itu masyarakat bangsa Arab terkenal dengan kemampuan orator dan bersyair. Bahkan, tidak ada yg mampu untuk menandingi keindahan syair Al-Qur’an. Selain mengandung keindahan sastra yg tinggi, Al-Qur’an juga mengandung aspek ilmiah. Meskipun diturunkan 14 abad yg lalu, tidak ada satupun teori ilmiah yg berkembang saat ini yg bertentangan dengan Al-Qur’an, sebagai contoh ilmu tentang perkembangan embrio/janin dalam rahim.

Dalam resume ini, saya akan memulainya dengan membahas hanya bagian manusia bab pertama, dengan judul bab Mukjizat Al-Qur’an di Bidang Kedokteran dan Kesehatan Umum Kedokteran Islami.

Apa itu kedokteran islami?
Pada Muktamar Internasional Kedokteran Islami ditetapkan 6 karakter dasar kedokteran islami, yaitu
1. Tunduk pada ajaran dan etika Islam.
2. Harus rasional dan riil
3. Harus menyeimbangkan aspek ruh, akal, jasmani, juga individu dan masyarakatnya.
4. Bersifat universal
5. Metodologinya dapat dibuktikan secara ilmiah
6. Kedokteran islam bersifat unik dan istimewa, dapat mewujudkan apa yg tidak dapat diwujudkan pengobatan lain.

Dalam pengobatan islami dikenal habbatussauda ‘jintan hitam’ dan madu. Selain itu, lantunan ayat2 Al-Qur’an juga dapat memberikan efek positif yg berpengaruh pada kekebalan tubuh yg akan meningkat pada orang sakit.
Berobat ketika sakit menjadi haknya dianjurkan Rasul. Pengobatan menjadi sarana berwawasan untuk mendapatkan kesembuhan.

Namun, juga harus diperhatikan bahwa kita tidak boleh berobat dengan sesuatu yg haram karena dapat menimbulkan kenikmatan sehingga mengubah fokus ingin sembuh dan sehat, justru malah mencari kenikmatan. Salah satunya berobat dengan khamar/alkohol. An-Nawawi memperbolehkan penggunaan khamar untuk mengobati kulit bagian luar. Ulama madzhab Syafi’i berpendapat haram jika khamar yg digunakan khamar murni dan tidak bercampur dengan zat lain. Yg diperbolehkan penggunaan khamar yg sudah dicampur dengan zat lain yg dapat merusak khamar, ketika dikonsumsi tidak memabukkan, dan sudah tidak ada bau, rasa, warna khamar di dalamnya.

Untuk menghindari berbagai penyakit, ada baiknya kita mengenal tubuh kita. Banyak penyakit yg masuk dalam tubuh karena gaya hidup tidak sehat dan aktivitas yg tidak sesuai dengan jam biologis tubuh.

Jantung. Jantung manusia terdiri dari dua alat pompa terus bekerja selama bertahun-tahun. Dalam sehari, iantung mampu memompa 8.000-15.000 liter darah.
Otak. Organ ini hanya memiliki berat 1.330 gram. Otak perempuan lebih ringan 50 gram dibandingkan laki-laki. Otak terdiri dari 100 miliar neuron ‘sel saraf’ yg saling terhubung dan bergerak dengan kecepatan 350 km/jam untuk melanjutkan perintah. Diperkirakan otak mampu menyimpan berbagai informasi dalam tempat dengan ukuran 22 dcm persegi, tetapi fungsinya setara dengan 20 juta jilid buku.
Mata. Organ ini terdiri sari 50 juta sel optik. Rangsangan yg diterima retina akan diteruskan dengan kecepatan tinggi. Karena itu, manusia mampu membaca 500 kata dalam semenit.
Telinga. Ada 30.000 sel pendengaran untuk mentransfer suara kecil sekalipun. Ia mampu membedakan berbagai jenis suara dan nada dengan ritme dan getaran yg berbeda.
Lidah. Organ multifungsi yg mampu bekerja sebagai alat perasa, pengecap, alat bantu pengunyah, alat bicara.
Hidung. Ia memiliki bulu2 halus yg berfungsi sebagai penyaringan debu agar udara yg masuk tidak berdebu dan menghangatkan hidung di cuaca dingin.
Kulit. Organ ini punya 5 juta sel perasa perih, 200 ribu sel perasa panas, 500 ribu sel yg sensitif terhadap sentuhan dan tekanan.
Ginjal. Ada 2 juta sel penyarin untuk menyaring darah dari racun. Setiap hari, di ginjal mengalir 1.800 liter darah.
Hati. Ada 300 miliyar sel yg selama 4 bulan sekali akan mengalami pembaruan sel.
Lambung dan usus. Ada 35 juta kelenjar yg berperan membantu lambung yg memiliki kadar asam tinggi untuk mencerna makanan. Di usus yg panjangnya mencapai 8 meter ada 3.600 bulu halus setiap satu cm persegi. Setiap 48 jam sekali, usus mengalami pembaruan.

Dengan segala kehebatan dan detail yg sebegitu rupa yang telah Allah ciptakan untuk manusia, Allah juga memberikan jam biologis alami tubuh untuk menjaga segala keseimbangan tubuh luar dalam. Allah menjadikan malam dan siang. Dan tubuh dapat merespon pergantian itu. Dengan cara apa? Ada bagian dalam otak bernama hipotalamus yg dapat membedakan waktu siang dan malam dengan cara merespon rangsangan cahaya yg diberikan oleh saraf mata.

Kondisi vital biologis manusia mencapai puncaknya pada pagi hari dari pukul 4 pagi-11 siang dan sore hari dari pukul 4 sore -8 malam. Sementara itu energi terendah manusia terjadi pada pukul 2 siang. Pada saat itu, tubuh perlu istirahat. Karenanya dianjurkan untuk tidur siang selama 10-40 menit, tidak lebih. Jika lebih lama dari 40 menit dapat menyebabkan insomnia. Waktu ini digunakan untuk beristirahat untuk persiapan menuju puncak adrenalin jam 4-8 malam. Setelah tidur siang atau salat ashar kadar adrenalin akan naik. Hal itu akan membantu orang untuk bangun malam untuk tahajud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s