NAMA

Berawal dari keingintahuan mencari arti nama yang sudah diberikan orang tua. Ratih Kumalaningrum. Ternyata nama itu berasal dari pewayangan Jawa dan bahasa Kawi.

Ratih

Ratih adalah nama seorang dewi dalam pewayangan. Ia adalah istri Batara Kamanjaya. Pasangan suami istri ini, Kamanjaya-Ratih merupakan pasangan ideal. Dalam masyarakat Jawa, pasangan ini dianggap sebagai gambaran pasangan ideal suami istri dan lambang kerukunan rumah tangga. Dewi Ratih berwajah cantik, memiliki sifat dan perwatakan sangat setia dan cinta kasih, murah hati, baik budi, sabar, dan sangat berbakti terhadap suami.

Kumala

Nama ini diambil dari bahasa Kawi yang berarti batu permata, emas, mutiara.

Ningrum

Ningrum adalah nama bunga yang harum wanginya.

Adalah salah satu hak seorang anak yang harus dipenuhi kedua orang tuanya, yaitu diberikan nama yang baik. Nama menjadi identitas seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain. Dengan nama, orang akan mudah mengenal kita.

Dan aku harus berterima kasih kepada orangtua yang sudah memberikan nama yang dari segi arti, baik artinya. Sepertinya nama yang diberikan itu diusulkan kakek dari ibu, yang memang Jawa tulen. Sama halnya dengan nama adik laki-lakiku. Nama dia juga diberikan oleh kakekku dan nama dia juga berasal dari bahasa Jawa, yaitu Kuncoro Sigit ‘laki-laki yang terkenal dengan ketampanan dan ketegasannya’.

Kalau aku membaca buku atau artikel tentang pemberian nama yang baik, rata-rata standar baiknya adalah baik menurut syariat. Di beberapa artikel yang aku temukan, pemberian nama yang baik itu mengandung nama yang menunjukkan penghambaan kepada Allah Sang Pencipta, memberikan dengan nama nabi atau orang shalihin dan shalihah, ada unsur bahasa Arab (entahlah bagian kriteria yang ini sejauh apa keharusannya. masih harus dicari lagi informasi lebih lanjutnya)
Lalu, yang menjadi pertanyaan yang muncul dalam pikiranku adalah apakah hal-hal paling mendasar ketika memberikan nama untuk anak? Dalam Islam bagaimana sebenarnya memberikan nama yang baik menurut syariat? Bagaimana jika ingin memberikan nama dengan bahasa selain bahasa Arab? Namun mempunyai arti yang baik.

Sesekali kalau ke toko buku, musti mampir ke bagian buku nama-nama anak bayi. Dan banyak cari artikel tentang pemberian nama yang baik untuk anak sebagai salah satu pemenuhan kewajiban orang tua kepada anak.

3 Agustus 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s