KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN

Kehidupan para sahabat, apalagi sahabat utama, sampai akhir hidupnya adalah bagian dari sirah. Semangat mempelajari sirah para sahabat Nabi adalah sama utama dan sama pentingnya dengan mempelajari sirah Nabi Muhammad.

Walaupun tingkatan para sahabat yang menjadi Khulafaur Rasyidin tidak sampai pada tingkatan nabi, mereka benar-benar mengikuti kehidupan Nabi. Mereka menyakini Islam di saat masyarakatnya tidak menyakini. Nabi sudah jelas dan pasti dibimbing dengan wahyu dari Allah yang diturunkan melalui Malaikat Jibril. Berbeda dengan para sahabat, Mereka beriman tanpa dibimbing wahyu. Namun, mereka benar-benar meyakini Allah dan Rasul-Nya. Mereka mengikuti segala apa yang dikatakan Allah dan Rasul-Nya di saat orang lain banyak yang tidak menyakini dan menghina Nabi dan pengikutnya,

Masa kekhalifahan berlangsung selama 30 tahun. Abu Bakar ash-Shiddiq memimpin selama 2 tahun, Umar bin Khaththab menjabat khalifah selama 10 tahun, dilanjutkan oleh Utsman bin Affan selama 12 tahun, dan terakhir kepemimpinan Ali bin Abi Thalib selama 6 tahun.

Selama 30 tahun, para khulafaur rasyidin melanjutkan membangun masyarakat islami selepas Rasulullah wafat. Kepemimpinan mereka berempat tidak terputus satu sama lain. Ada kelanjutan pembangunan yang diteruskan dari masa kepemimpinan ke kepemimpinan selanjutnya.

Pada masa Abu Bakar, Abu Bakar memfokuskan kepemimpinannya untuk menunjukkan eksistensi Islam. Ia membasmi gerakan kemurtadan, memerangi prang-orang yang menolak zakat, dan mulai mengumpulkan Al-Qur’an.

Pada masa Umar bin Khaththab, selain tetap memelihara eksistensi Islam, Umar mulai melakukan takzis (meletakkan fondasi) fondasi keislaman yang penting. Umar memfokuskan pada fondasi pemerintahan, bahwa Islam bukan hanya sekadar aqidah dan tauhid, syariat dalam konteks ibadah shalat, puasa, haji. Namun, Islam adalah satu sistem yang komplit. Sistem yang komplit itu mulai didetailkan dan diaplikasikan sampai ke jajaran teknis.

Umar mulai membuat kota yang islami, Kufah dan Basrah, membuat aturan hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, membuat baitul maal untuk yang pertama kalinya, membuat neraca yang adil antara pemasukan dan pengeluaran negara, tata manajemen militer, menentukan batas waktu seorang prajurit ada di medan perang (4 bulan), dan penegakan hukum. Dalam bidang hukum, kekhalifahan Umar menjadi fondasi penting dalam peradilan Islam. Ia membuat penjara dan mahkamah yang terdapat hakim dan pembela, baik yang berhubungan dengan hukum pidana maupun hukum perdata.

Di masa selanjutnya, masa kekhalifahan Utsman bin Affan, yang menjadi fokus adalah tidak lagi menguatkan eksistensi Islam. Akan tetapi, Utsman memfokuskan pada ekspansi segala bidang. Ia memberangkatkan pasukan maritim. Pasukan maritim itu sudah dipersiapkan sejak masa khalifah Umar, tetapi Umar tidak mengizinkan untuk beroperasi. Pasukan ini baru diberangkatkan pada masa khalifah Utsman. Mereka berhasil menguasai Cyprus yang kemudian ditemukan ada perpustkaan Islam. Kemudian, terjadi fitnah di kalangan masyarakat Islam dan puncaknya adalah pembunuhan Utsman.

Terakhir adalah masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib. Ali naik menjadi khalifah pada saat muncul banyak tekanan dari berbagai pihak. Dalam kondisi tersebar fitnah, Ali memfokuskan kembali kepemimpinannya untuk tetap mempertahankan eksistensi Islam. Ali menjamin jika Islam dilaksanakan tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah, akan terjadi kehancuran. Itulah yang membuat Islam tetap eksis di bawah tekanan para pemberontak yang bermunculan pada masa khalifah Ali.

-Disarikan dari kajian itikaf malam 25 Ramadhan 1435, Selasa, 22 Juli 2014 di Mesjid Ukhuwah Islamiyah dengan pembicara Ust. Hilman Rosyad-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s