DESIGN ULANG HIDUP

7 Hukum Semesta
Resume Buku “ Design Ulang Hidup Anda “ Karya Putu Putrayasa
Sumber Indonesia Membaca 4
Bagaimana kabar sahabat sekarang ? Apa yang sahabat rasakan hari ini ? Apakah sebuah kegelisahan ? Jika ia bearti ada yang telah kita perbuat sehingga kita menjadi gelisah. Sahabat, sadarkah kita bahwa kita hidup ini seperti ada hukum semesta yang mengaturnya. Ada hukum semesta yang bekerja dalam kehidupan kita. Lalu apa hukum semesta itu. Ane akan membahas hukum semesta yang sudah ditulis dalam sebuah buku karya pak putu putrayasa. Berikut 7 hukum semesta yang ada didalam tulisan pak putu putrayasa:

Hukum Sebab Akibat ( Hukum Karma )

Hukum yang pertama adalah hukum sebab akibat atau hukum karma. Hukum ini tidaklah asing ditelinga kita. Karena sering sekali masyarakat menyebutkannya. Hukum Sebab akibat ini adalah hukum dimana mengatakan apa yang terjadi diri kita sekarang adalah hasil perbuatan kita di masa lalu.

Jika kita hari ini bermalas – malasan maka 5-10 tahun lagi kita akan merasakan penyesalan yang sangat mendalam. Karena itulah akibat yang terjadi jika bermalasan. Berbeda jika kita hari ini bersemangat dalam menjalani hidup karena memiliki tujuan hidup yang jelas. Maka 5-10 tahun lagi kita akan menikmati hasil perjuangan kita.
Hukum Kekalan Energi
Ketika kita SD pasti pernah mendengar tentang hukum ini. Tepatnya pada pelajaran IPA, dan fisika saat SMP, kurang lebih berbunyi seperti ini “Energi tidak dapat diciptakan, tidak juga dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat berubah bentuk dari satu bentuk kebentuk yang lainnya “

Dengan memahami hukum ini, kita bisa paham bahwa kesuksesan, dan apapun yang kita inginkan, hanyalah sebuah upaya mengubah bentuk, dari satu bentuk energi menjadi energi lainnya.

Kejadian perubahan energi dari satu bentuk kebentuk yang lainnya inilah yang menyebabkan manusia bisa menciptakan suatu bentuk benda dari bentuk yang lainnya, di mana perubahan dimulai dari gelombang elektromagnetik dalam pikiran kita.

Ini artinya pentingnya kita membangun impian dalam pikiran kita. Ketika kita sudah membangun impian dalam pikiran maka ada bentuk perubahan energi menjadi tindakan realisasi impian kita. Disini juga berlaku hukum sebab akibat, dimana jika kita mempersiapkan sejak dini maka mendatang akan sesuai dengan apa yang kita impikan dan rencanakan hari ini.

Hukum Tarik Menarik
Hukum selanjutnya adalah hukum tarik menarik. Setelah kita sudah membangun energi dari bentuk pikiran menjadi imajinasi dan tindakan. Maka selanjutnya adalah Hukum Tarik Menarik

Hukum ini berkata “ Pikiran Menjadi Benda “ atau “ Think Become Thing “. Cara kerjanya adalah melakukan secara cukup intens, dengan emosi yang cukup. Ketika anda melakukannya, akan menjadi kebiasan. Kebiasaan ini akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menjadi penguat otomatis agar gelombang elektromagnetik bekerja terus – menerus, manarik kuanta, atom, molekul, dan senyawa – senyawa untuk membentuk susunan seperti yang kita pikirkan.

Misalnya, Anda berpikir dengan cukup sering ingin memiliki “ Laptop dengan merek dan tipe tertentu, “ dengan emosi yang cukup, gelombang hukum tarik – menarik ( Law of Attraction ) akan bekerja dengan sempurna mewujudkan apa yang menjadi impian Anda. Dengan memahami cara kerja tarik menarik ini.

Dari tiga hukum ini, kita sudah bisa mewujudkan impian kita. Langkahnya sebagai berikut:
1 Menuliskan hal – hal yang kita impikan dari yang terkecil
2 Pikirkan dan rasakan tingkat keyakinan kita
3 Pupuk dan fokus pada impian yang kita yakini, tuliskan berkali – kali, cari gambarnya, mulialah dari yang kecil – kecil
4 Tutup mata kita. Dan apa yang terjadi ? apakah kita dapat melihat gambar tersebut. apakah dengan usaha atau tanpa usaha ?
5 Buka kembali mata kita dan lihat kembali gambar impian tersebut
6 Pejamkan lagi mata kita, apakah gambar impian kita sudah jelas. Mainkan perasaan senang dan bahagia seakan – akan impian kita memang terjadi dalam diri anda.
7 Ulangi langkah 5 dan 6 sampai gambar – gambar impian itu menjadi bergerak ketika kita memejamkan mata. Seakan – akan kita benar – benar merasakannnya.
8 Ulangi langkah 7 setiap harinya.
9 Jadikanlah langkah 1 – 8 sebagai kebiasaan anda

Kita belum berhenti sampai disini. Hal itu baru tiga hukum semesta. Tiga hukum dasar ini adalah modal awal yang luar biasa untuk mencapai impian dan keluar dari kehidupan yang sulit, stres ataupun trauma

Hukum Polaritas ( Berpasang – pasangan )
Polaritas adalah suatu hukum yang menyatakan segala sesuatu di dunia ini pasti ada pasangannya. Ada siang maka ada malam, ada hitam maka ada putih, ada tinggi ada rendah. Dalam tradisi China, hukum ini disebut Yin-Yang. Di bali, hukum ini disebut Rwa-Bhineda. Jika kita berharap hanya akan ada senang tanpa ada duka, tempatnya sudah bukan lagi di dunia ini, tapi di suatu alam yang di Al – Qur’an disebut surga, di Tripitaka disebut Nirwana, dan di Injil disebut Surga, di Hindu disebut Moksha

“ Barang siapa yang melihat batu dan emas dengan perasaan yang sama, dialah orang yang bijaksana “ –Bhagawad Gita

Bukankah itu inti dari hukum polaritas ? Lihatlah semua kejadian dengan rasa syukur, dengan tetaplah teliti untuk melihat hikmah sebagai pasangannya. Belajarlah untuk melihat suatu kejadian dari dua sisi yang berbeda. Semua kejadian baik ada buruknya, semua kejadian buruk ada baiknnya. Dengan hukum polaritas ini, kita akan lebih berbahagia karena kita tidak kagetan kalau ditolak orang, tidak kagetan jika mendapat masalah. Selalu belajar, belajar, dan jangan pernah berhenti belajar. Hal ini akan mengubah kejadian buruk menjadi kejadian baik sebagai ganjaran kesabaran kita.

Hukum Gender dan Waktu Tumbuh
Segala sesuatu memerlukan waktu untuk tumbuh dan untuk tumbuh selalu diperlukan pria dan wanita. Itulah kira – kira yang bisa ditangkap dari hukum gender dan waktu tumbuh ini. Segala sesuatu yang hidup dimuka bumi ini memerlukan waktu untuk tumbuh. Jika kita mencoba melanggarnya atau mencoba memutus rantai ini, kita harus menerima ganjarannya.

Ini bisa disangkutkan dengan impian kita. Jika kita telah memiliki impian, kita perlu waktu untuk tumbuh dan mewujudkan menjadi padanan fisik seperti yang anda harapkan. Katakanlah kita bermimpi untuk memiliki sebuah mobil, mimpi itu memerlukan waktu untuk menjadi kenyataan. Yang perlu kita lakukan adalah terus memelihara dan memupuknya agar ia tumbuh subur dalam kandungan alam semesta.

Selain memerlukan waktu dalam membangun impian. Yang diperlukan adalah pembuahan benih impian tersebut. Jika kita bersungguh – sungguh, selaraskan diri kita dengan hukum semesta yang satu ini. Ada jantan ada betina, artinya ada suka ada duka, ada kusulitan ada kemudahan, ada peluang ada tantangan, terimalah dan hayatilah hukum ini dengan besar hati.

Hukum Irama ( Roda Berputar )
“ Hati – hati, hidup ini bagai roda berputar, kadang di atas, kadang dibawah “
Kalimat diatas cukup berpengaruh pada kehidupan seseorang, dan ternyata hal itu bukanlah mitos karena setelah pernah mengecapkan kesuksesan di puncak yang tinggi seseorang mungkin pernah terlempar ke jurang utang yang dalam.

Kesadaran adanya hukum irama memberikan kita kekuatan. Kalau ada naik ada turun adalah benar. Berdoa, tetap berusaha, dan bertindak membuat kita bisa berpikir positif. Sungguh, tuhan memiliki rencana dan ganjaran yang benar – benar setimpal jika kita mau selaras dengan hukum – hukum yang telah diberlakukannya di alam semesta ini. Jadi, jika kita sekarang berada di bawah, percayalah, jika kita berjuang akan ada saatnya kita di atas. Begitu juga jika kita di atas sekarang, siapkan mental dan tetap bersyukur, lakukanlah yang terbaik, persiapkan agar kita bisa kembali dan melaju lebih tinggi dibanding kesuksesan kita sebelumnya

Hukum Relativitas ( Di Atas Langit Masih Ada Langit )
Pernahkah dalam hati kecil muncul rasa iri hati atau sombong ? Iri hati muncul ketika kita merasa kecil. Sombong muncul ketika kita merasa besar. Perasaan ini akan sirna jika kita menyadari hukum ini, yakni hukum relativitas, bahwa diatas langit masih ada langit. Apapun pangkat dan kedudukan kita sekarang, berapapun kekayaan kita sekarang, pasti ada yang lebih besar atau banyak daripada yang kita miliki. Seberapa nista dan berat penderitaan kita sekarang, pasti ada yang lebih menderita.

Maka dari itu, kontrollah pikiran dan perasaan kita. Sadarilah hukum ini sedang dan akan selalu bekerja di alam semesta ini. Pejamkan mata kita sejenak, tarik nafas kita dalam-dalam, terima saja hukum ini bekerja dalam hidup kita. Hasilkan kebahagian lebih, dengan tetap selalu bersyukur dan rendah hati karena kita masih bisa berjuang untuk lebih sukses lagi dan banyak orang yang lebih sukses dan telah membantu lebih banyak orang dibanding kita.

Sesukses apapun kita, pasti ada orang lain yang lebih sukses. Jangan minder, jangan iri, semua orang berhak mengukir sejarah kesuksesan, kekayaan, dan hidupnya masing – masing. Begitu juga jangan sombong atau takabur ketika kita berada di atas atau lebih berhasil daripada orang lain. Mari kita belajar untuk menjadikan anugrah Tuhan sebagai kesempatan dan peluang untuk berbagi. Begitu juga ketika melihat orang lain lebih baik dalam hal apa pun, kita jadikan kesempatan tersebut untuk belajar darinya untuk meningkatkan wawasan, pembelajaran, pengalaman, dan komunitas kehidupan kta

Komunitas adalah tempat atau wadah bagi kita untuk dihargai dan diakui. Komunitas adalah juga tempat bagi kita untuk belajar dan berbagi peluang, bersama – sama dalam suka dan duka. Bangun terus komunitas yang lebih besar untuk menghasilkan produk dan sistem yang menjadi elemen pembentuk kelimpahan kehidupan kita.

Berakhir sudah pemaparan atas ringkasan buku “ Design Ulang Hidup Anda “ terkait “ 7 Hukum Semesta “. Semoga dengan ringkasan ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua dan khususnya ane pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s