MARI MENIKMATI

Niat diluruskan sepanjang perjalanan. Tujuan sudah ditetapkan. Perbekalan sudah dipersiapkan. Arah perjalanan sudah diarahkan dan sudah tahu akan berarah ke mana. Peta sudah di tangan. Kendaraan siap mengantar ke mana pun. Hal-hal yang akan dilakukan sepanjang perjalanan sudah direncanakan. Teman-teman perjalanan datang dan siap saling menemani, saling membantu, saling menguatkan.

Perjalanan sudah dimulai, apalagi selain menikmati proses perjalanan hingga akhir perjalanan, tiba di tempat tujuan. Menikmati perjalanan, sajian alam dan budaya nan cantik lagi elok dengan segala rasa. Mungkin nanti akan kita temui bahagia, tawa, canda, riang, asa, bahkan cinta, juga marah, sedih, kesal, rasa bersalah, juga air mata.

Intinya adalah menikmati semua rasa, enak atau tidak enak, manis ataupun pahit. Kita akan tahu betapa nikmatnya makanan yang enak setalah kita pernah mencicipi makanan yang tidak enak. Tahu rasa manisnya gula dan bisa membedakan dengan asinnya garam setelah kita mencicipi keduanya.

Perjalanan ini akan panjang juga melelahkan. Mari menikmati proses perjalanan ini. Sajian perjalanan di kanan kiri di depan belakang amat sayang diabaikan begitu saja. Sesekali kita menepi ke pinggir jalan atau mencari tempat peristirahatan untuk sekadar merenggangkan badan dan istirahat, mengisi bensin, menambah perbekalan, dan memastikan lagi arah dan tujuan perjalanan bersama.

Sepanjang perjalanan ditemui beragam pemandangan, yang indah, yang membuat terkesan, yang membuat haru, tercengang, mengherankan, yang membuat marah, yang membuat berpikir.

Tidak dipungkiri muncul rasa ingin selalu berhenti padahal perjalanan baru sebentar dilalui. Lelah. Rasanya ingin berhenti sampai titik ini saja. Tempat perisitirahatan ini nyaman, sangat nyaman untuk memejamkan mata, melupakan segala yang terjadi selama perjalanan. Tak peduli apa yang terjadi di luar sana. Namun, sekelebat bayang-bayang tujuan akhir menari di pelupuk mata. Menambah dan mengurangi kegalauan istirahat.

Perjalanan panjang membuka pintu-pintu untuk datangnya cinta, cinta dalam arti yang luas atau bahkan bisa juga sempit, tergantung cara kita memandang, menilai, dan memaknai rangkaian lima huruf: c i n t a. CInta yang hadir dengan berbagai rasanya. Menjadi sepenggal kisah tersendiri untuk diceritakan saat tiba di akhir perjalanan.

Semua itu adalah proses. Dan kita semua sedang menjalani proses, proses perjalanan. Menikmati perjalanan yang punya segala rasa dan asa.

Perjalanan tidak selalu berbicara tentang siapa bersama siapa, siapa membersamai siapa, dan siapa ingin bersama siapa.

Tidak melulu berbicara tentang siapa yang menunggu siapa, yang menjadi saling tunggu.

Juga bukan melulu berbicara tentang siapa yang lebih cepat atau yang paling akhir sampai dengan beban yang dibawanya dan dengan berbagai caranya.

Ini adalah tentang menikmati berbagai tahap, setahap demi setahap menapaki perjalanan yang kita lakukan hingga akhir perjalanan. setapak demi setapak melewati jalan lurus, jalan berbelok, jalan berliku-liku, sesekali berputar arah. jejak demi jejak melalui jalan aspal bebas hambatan, jalan tanah berkelok, jalan tikus, jalan pintas. dengan kerikil dan batu-batuan yang berterbaran di jalan.

Tentang harapan yang kuat di awal, kadang bahkan sering melemah di tengah dan entah bagaimana caranya ia harus dikuatkan, hingga menjadi lebih kuat saat mendekati dan sampai di garis akhir perjalanan.
Tentang rasa bahagia di akhir perjalanan yang panjang dan melelahkan, namun seru, menantang, dan mengasyikkan.
Tentang berbagai simfoni makna dan pemaknaan atas segala yang terjadi, yang ditemui selama perjalanan. Hingga di akhir perjalanan, menjadi pribadi tidak biasa yang luar biasa, bahagia, dan tahu hakikat makna dalam diri dan segala yang ditemui selama perjalanan.
Tentang menikmati proses, proses sebuah perjalanan.

Selamat Menikmati Perjalanan (hidup)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s